Sabtu, 12 November 2016

Tips Mencegah Dan Mengatasi Kecanduan Game Online Bagi Anak-Anak dan Pelajar


Kecanduan Game Online Bagi Anak-Anak dana Pelajar, Apa sih game online,? Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau internet) sebagai medianya. Menurut Andrew Rollings dan Emast Adams (2006), game online lebih tepatnya disebut sebagai sebuah teknologi dibandingkan sebuah genre atau jenis permainan. Udah tau kan apa game online itu . yuk lanjut , kali ini saya ingin membahas tentang Tips Mencegah Dan Mengatasi Kecanduan Game Online Bagi Anak-Anak dan Pelajar

Mencegah Kecanduan Game online

  1. Bermain game online seharusnya di perbolehkan setelah anak selesai mengajarkan tanggung jawabnya. Misalnya, orang tua harus tegas dan memberi aturan-aturan bahwa game online boleh dimainkan apabila anak-anak selesai mengerjakan semua tugas-tugas di sekolah maupun dirumah.
  2. Untuk mencegah kecanduan game online, seorang anak harus dibatasi bermain game online tidak lebih dari satu jam atau dua jam perhari terutama selama tahun pelajaran sekolah ataupun sudah mendekati UAS.
  3. Meskipun jika anak bermain game online berapa jam dapat memberikan waktu luang yang berharga untuk ibu dan ayah yang sibuk, orang tua perlu memastikan bahwa game online tidak menjadi kegiatan utama anak mereka.
  4. Akses game online harus dipandang sebagai hak istimewa yang diperoleh anak, bukan hak otomatis.

Mengatasi Kecanduan Game online

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Adalah
  1. Kegiatan Olah Raga
Kegiatan olah raga dapat membantu anak melupakan game online ajaklah anak pergi ke taman untuk bermain basket,sepak bola, ataupun olahraga-olahraga yang bisa membuat dia senang, hal ini tentu akan menbantu mereka mengatasi kecanduan game online
  1. Tamasya Kelauarga (Reffesing)
Ajaklah mereka pergi ke pantai atau keluar kota dimana mereka akan menikmati alam dengan keluarga dan teman teman mereka,dengan melakukan hal ini kita dapat mengajak mereka senang senang untuk berapa waktu
  1. Kegiatan Agama
Kegiatan ini sangatlah penting untuk bisa mengatasi anak-anak kecanduan game online , ajaklah mereka untuk ikut mengaji di masjid atau di ponpes-ponpes terdekat untuk belajar membaca al-qur’an dan belajar shalat, aktivitas ini tidak hanya dapat membantu mereka secara fisik dan mental, tetapi  juga dapat membantu mereka secara rohani dan pada akhirnya akan membuat mereka menjadi anak yang lebih baik.
  1. Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah
Disini bukan hanya orang tua saja yang berperan untuk mengatasi kecanduan game online, dari pihak sekolah juga harus ikut membantu misalnya dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler  seperti menari, menyanyi, acting seni, atau sepak bola (futsal), hal ini berfungsi sebagai  gangguan untuk kegiatan online mereka, dengan demikian dapat membuat mereka menjadi lebih menikmati waktu bersama orang lain secara fisik.

Related Posts

Tips Mencegah Dan Mengatasi Kecanduan Game Online Bagi Anak-Anak dan Pelajar
4/ 5
Oleh