Jumat, 16 Desember 2016

Batre Android BOROS ? Lihat Disini 11 Tpis Merawat Batre Android Agar Lebih Awet

Seringkali merasa baterai Android cepat habis? Berikut adalah 11 tips merawat baterai Android yang bisa kamu lakukan!

Smartphone di zaman serba digital ini sepertinya memang telah menjadi kebutuhan pokok bagi semua kalangan. Tak heran ketika terdapat notifikasi ‘baterai lemah’, pengguna Smartphone akan merasa cemas. Hal ini menmbuktikan bahwa kemampuan baterai yang tidak dapat bertahan lama menjadi dilema tersendiri selain masalah fitur dan aplikasi Smartphone yang mumpuni.


Baterai pada Smartphone, termasuk Smartphone Android, memang cepat habis dayanya karena pemakaian daya yang terus menerus. Terlebih Smartphone didukung dengan berbagai aplikasi canggih yang ternyata di sisi lain aplikasi-aplikasi canggih tersebut banyak membutuhkan daya baterai. Alhasil, semakin lama Smartphone dioperasikan, semakin cepat baterai Smartphone akan habis. Lantas, bagaimana solusinya? Terdapat 10 tips merawat baterai Android agar dayanya tidak cepat habis. Berikut penjelasan tips merawat baterai Android tersebut.

Atur brightness Smartphone anda dengan mode rendah

Cara yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu. Memang benar bahwa dengan mengurangi tingkat intensitas cahaya (brightness) pada layar Smartphone, daya baterai Smartphone akan lebih hemat.  Sekedar tambahan informasi, layar Smartphone menjadi salah satu bagian Smartphne yang paling banyak menghabiskan daya baterai.


Matikan GPS, Bluetooth, dan WiFi pada Smartphone anda

Matikan beberapa koneksi yang terhubung langsung dengan koneksi internet seperti GPS, Bluetooth, WiFi, dll jika tidak Anda gunakan. Sebagai contoh, matikan GPS jika Anda sedang tidak dalam perjalanan yang lokasinya tidak Anda kenal. Matikan Bluetooth dan beberapa fitur lainnya yang sejenis jika Anda tidak ingin berbagi atau menerima file via phone by phone. Tahukah Anda, fitur GPS, WiFi, dan Bluetooth adalah fitur-fitur yang akan terus mencari sinyal/ jaringan apabila dalam kondisi aktif. Padahal pencarian sinyal atau jaringan membutuhkan daya baterai yang cukup besar.

Aktifkan fitur Sync dengan tepat

Fitur Sync pada Smartphone Android tidak harus selalu aktif atau dalam kondisi menyala. Oleh karena itu, aktifkan fitur Sync jika dibutuhkan saja seperti saat Anda sedang mengisi baterai Smartphone Anda. Tujuan mengaktifkan fitur Sync pada saat Smartphone sedang di-charge adalah agar daya baterai Smartphone Anda tetap awet.

Gunakan WiFi jika ada, dibandingkan dengan paket data

Jika di rumah atau di lokasi Anda sedang berada memiliki fasilitas WiFi, sebaiknya aktifkan fitur WiFi saja daripada paket data. Mengapa? Umumnya jaringan atau sinyal provider/ simcard yang Anda gunakan sebagai paket data Anda kurang atau bahkan tidak stabil (naik-turun) sehingga Smartphone akan terus mencari sinyal/ jaringan. Akibatnya, daya baterai yang dibutuhkan juga akan besar. Berbeda kondisinya jika Anda gunakan WiFi. Penggunaan WiFi akan mengurangi aktivitas Smartphone dalam mencari jaringan/ sinyal karena sinyal/ jaringan internet dari WiFi terbilang sangat stabil. Jika Anda mengaktifkan fitur WiFi pada Smartphone Anda, jangan lupa untuk mematikan fitur Mobile Data Anda agar daya baterai Smartphone Anda tidak cepat habis. Seringnya para pengguna Smartphone Android lupa untuk mematikan fitur Mobile Data meski sudah menggunakan fasilitas WiFi.

Mengunci Smartphone jika tidak sedang digunakan

Smartphone yang dalam keadaan terkunci, tandanya Smartphone Anda dalam mode ‘sleep’ sehingga konsumsi baterai pun akan sedikit.

Matikan aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan

Pasca menggunakan aplikasi, jangan lupa dimatikan agar konsumsi daya baterai tidak besar akibat penggunaan data yang berlebihan.

Lindungi Smartphone dari suhu ekstrem

Sebaiknya lindungi Smartphone Anda dari suhu yang terlalu panas atau suhu yang terlalu dingin. Simpan atau letakan Smartphone di tempat dengan suhu normal/ suhu ruangan.

Aktifkan screen timeout Smartphone Anda pada mode singkat saja

Pada pengaturan screen timeout, biasanya akan diberi beberapa pilihan screen timeout, seperti 15 detik, 2 menit, 30 detik, dll. Pilihlah screen timeout yang paling singkat untuk menghemat penggunaan daya baterai Smartphone Anda.

Matikan mode vibrate/getar

Mode getar ternyata membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Ketika Smartphone bergetar, bagian motor/penggerak pada Smartphone akan berputar dan bekerja lebih berat. Proses inilah yang kemudian menghabiskan daya baterai Smarphone Anda.

Matikan notifikasi yang tidak penting, non-aktifkan email, dan aktifkan power-saving mode.

Dan yang Terakhir saya sarankan untuk menggunakan Aplikasi DU Battery Saver

DU Battery Saver adalah aplikasi penghemat daya baterai GRATIS yang membuat baterai anda bertahan lebih lama! Dapatkan daya baterai 50% lebih lama untuk ponsel atau tablet Android! Dengan mode pengelolaan daya cerdas bawaan DU Baterry Saver, kontrol sekali sentuh dan fitur pengisian daya bertahap yang sehat, kamu dapat menyeselaikan masalah baterai dan perpanjang umur bateraimu. Lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia Mencintai DU Battery Saver.

DU Battery Saver adalah cara yang paling sederhana dan mudah dalam membuat ponsel Android anda tetap bekerja baik ketika dibutuhkan, dan melindungi terhadap pengisian daya yang buruk, aplikasi yang boros daya, tidak terurusnya pengaturan perangkat yang memperpendek usia baterai.


Related Posts

Batre Android BOROS ? Lihat Disini 11 Tpis Merawat Batre Android Agar Lebih Awet
4/ 5
Oleh